Jumat, 01 November 2013

Batik Besurek



Batik! Mahakarya dan budaya Indonesia yang patut dibanggakan dan dilestarikan. Mungkin batik identik dengan kekhasan Jawa, tapi jangan salah, daerah lain di Indonesia pun juga memiliki batik versi masing- masing yang tak kalah apik. Bengkulu contohnya, kota tempat aku dibesarkan ini punya batik khas yang bernama Batik Besurek. 

Sejak duduk di bangku sekolah dasar, siswa- siswa sudah diperkenalkan motif batik dan bagaimana cara pembuatannya. Batik Besurek itu sendiri ada artinya, "batik" berasal dari bahasa Jawa yang artinya bisa dilihat di google, sedangkan kata “besurek” berasal dari bahasa Bengkulu “besurek”, yang kalau di bahasa indonesiakan menjadi “bersurat” dan dimaknakan menjadi “menulis”. Jadi bisa diartikan Batik Besurek adalah Batik Bertulisan.

Nah, untuk motif Batik Besurek sendiri menggambarkan tulisan- tulisan arab atau bisa disebut juga kaligrafi yang ditambahkan beberapa modifikasi seperti motif bunga raflesia, burung kuau, motif relung paku, dan motif rembulan.

Untuk cara pembuatannya sendiri tidak jauh berbeda dengan membatik versi Jawa, dimulai dari menggambar pola di atas kain sesuai dengan keinginan, lalu menyiapkan lilin, canting, wajan, kompor, pewarna pakaian, dan teman- temannya. Sampai ke proses pewarnaan, nanti ada proses pengeringan seperti diangin- anginkan, setelah itu baru melakukan proses pelorotan dengan cara direbus untuk menghilangkan lilin yang menempel di kain.

Aku ingat pertama kali membuat sajadah batik saat duduk di bangku SMP, dan hasilnya? Lumayan hancur hahaha tapi ada kepuasan batin sudah menghasilkan karya sendiri. 

Bagi yang menyukai batik, Batik Besurek ini bisa dimasukkan ke dalam list koleksimu loh. Selain motif yang unik, batik ini juga masih jarang penggunanya di pulau Jawa, jadi dijamin tidak pasaran. Ini beberapa contoh Batik Besurek yang aku ambil via internet. Cekidot!

http://t1.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQKXW6ACppIea4VtFM54E3WuFQ3k5dshjG8K2bQtgZ3-9iATLct
http://t3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSo9nacAefmNPGbO_w9BCyWp7LH7MGBWbW_5PrlZi4N0zBsGnGLyw 
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgVfJbKtVwu9cSNiiaxZuIz_m4ynBvW_HL1zFfPdgNdwq0LfPsCzb_yaD1LEgCA2Ncq4uTkm9ePi5LLFcujpVbE7q98EiXiPkaPtjKxZR06LZJFMHTjq_eqbCMqJFt0vP2V13hSPyKAccM/s1600/27112012(007).jpg


-Tulisan ini dibuat untuk memenuhi tugas Pena Merah minggu ini tentang Batik.

1 komentar :